Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Perpustakaan Digital Nasional (iPusnas) dengan Kerangka PIECES

Yana Iqbal Maulana

Abstract


Abstrak – iPusnas adalah Aplikasi Perpustakaan digital (ePustaka) yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur social media, dimiliki oleh Badan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kerjasama dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pengembang aplikasi. iPusnas adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca eBook. iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (webbased), netbook dan tab based hybrid (tab-base application), dan mobile (smartphone-based application). Dalam melakukan kegiatan analisis dan evaluasi terdapat beberapa metode atau model analisis yang dapat digunakan salah satunya adalah model analisis kerangka PIECES. Untuk mempermudah evaluasi, ditawarkan cara analisis dengan kerangka PIECES yang menguraikan ke dalam 6 fokus analisis kelemahan yaitu Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Eficiency dan Service. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengukuran rata-rata tingkat kepuasan berada pada 4,14 yang berarti Perpustakaan Digital Nasional (iPusnas) sudah memberikan kepuasan kepada pengguna.
 
Abstract - iPusnas is a Digital Library Application (ePustaka) equipped with eReader for reading eBooks and social media features, owned by National Library Agency (Perpusnas) in cooperation with PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) as application developer. iPusnas is a social media platform for accessing eBookstore & e-Library, building network / community fellow readers, and also of course as an e-Reader to read eBooks. iPusnas can be accessed across various mediums of devices ranging from desktop and sitebased PCs (net-based), netbooks and tab-based hybrids (tab-base applications), and mobile (smartphonebased applications). In conducting analysis and evaluation activities there are several methods or models of analysis that can be used one of which is a model analysis of PIECES framework. To facilitate the evaluation, we offer an analytical approach with PIECES framework that outlines 6 focus weakness analyzes: Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Eficiency and Service. The results of this study found that the average measurement of satisfaction level is at 4.14 which means National Digital Library (iPusnas) has given satisfaction to the user. Kata kunci:  iPusnas, Perpustakaan Digital, PIECES, Skala Likert, Tingkat Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Hermawan, A. (2005). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo. Komarudin, R. (2017). Analisis Sistem Informasi Penjualan Tanaman Obat Berbasis Web Dengan Metode Pieces Framework. Jurnal Bianglala Informatika, 5(1), 14–20. Lovasz, A. E., Lovasz, E.-C., & Gruescu, C. M. (2014). Digital Library of Mechanisms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 163, 85–91. Supriyanto, W., & Muhsin, A. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius. Supriyatna, A. (2015). Analisis dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan dengan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52. Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Infomasi DJP ONLINE dengan Kerangka PIECES. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 88–94




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v6i1.5904

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v6i1.5904.g3292

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Yogyakarta

Jl. Ring Road Barat, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184, Telp: (0274) 4342536
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License