PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA BERBASIS WEBSITE PADA DESA WINONG

Akhmad Syukron

Abstract


Abstrak : Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Desa Winong sebagai salah satu instansi pemerinatahan, memiliki peran yang penting yaitu sebagai pengelola data kependudukan di tingkat desa. Pengelolaan data kependudukan di Desa Winong saat ini masih belum memaksimalkan penggunaan teknologi informasi untuk pengelolaannya, sehingga masih terdapat beberapa kekurangan dan kendala yang dihadapi. Seperti masih terdapat kerangkapan data kependudukan, ksulitan dalam pencarian data, serta pembuatan laporan kependudukan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat serta kerja dari perangkat desa menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk mengelola data tersebut. Metode yang digunakan untuk perancangan sistem administrasi kependudukan yaitu dengan metode prototyping. Dengan adanya sistem informasi administrasi kependudukan yang berbasiskan website ini, dapat memudahkan pengelolaan data kependudukan. Sehingga dapat terwujud tertib administrasi kependudukan yang baik di desa Winong.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Administrasi Kependudukan, Perancangan Sistem

Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Purnama, B. E. (2019). Desain Database dengan ERD dan LRS. Yogyakarta: TEKNOSAIN.

Administrator. 2017. Tentang Administrasi Kependudukan. https://dukcapil.kalbarprov.go.id/post/tentang-administrasi-kependudukan.(1, juli, 2019)

Fathansyah. (2018). Basis Data (Revisi Ket). Bandung: Informatika Bandung.

Hidayat, Rahmat. (2010). Cara Praktis Membangun Website Grafis Memanfaatkan Layanan Domain dan Hosting gratis. Jakarta : PT. elex media komputindo.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi.Yogyakarta:Deepublish.

Maniah, & Hamidin, D. (2017). Analisis dan Perancangan SISTEM INFORMASI (Cetakan Pe). Yogyakarta: Deepublish.

Novita, A., & Andriani, A. (2019). Prototipe E - Learning Untuk Pendalaman Dan Evaluasi Materi Pembelajaran Pada Smpn 1 Samigaluh. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 4(2), 211–216. Diambil dari: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/299/261

Purnomo, D. Model prototyping pada Pengembangan Sistem Informasi.jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.2 No.2. Agustus 2017.

Sukamto, dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi Revi). Bandung: Informatika Bandung.

Wahana Komputer. (2015). Membangun Sistem Informasi dengan Java Netbeans dan MySQL (Maya, ed.). Yogyakarta: C.V Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.5790

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.5790.g3262

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Yogyakarta

Jl. Ring Road Barat, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184, Telp: (0274) 4342536
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License