APLIKASI SMS GATEWAY SEBAGAI PENDUKUNG SISTEM INFORMASI PEMESANAN PAKET WISATA BERBASIS E-TOURISM

sardiarinto sardiarinto

Abstract


Saat ini Indonesia menduduki peringkat 5 pengguna internet terbanyak di seluruh dunia. Internet telah menjadi sebuah kebutuhan yang pokok. Sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Faktor pendukung sektor pariwisata yang tak kalah penting adalah penyedia paket wisata. Sektor ini memiliki peranan yang sangat penting dalam mempromosikan suatu destinasi wisata. Salah satu fasilitas pendukung terpenting yang harus disediakan untuk sektor pariwisata adalah kebutuhan informasi terhadap tujuan wisata dan fasilitas-fasilitas pendukungnya. Informasi yang akan diberikan harus didukung dengan teknologi yang dapat melayani berbagai permintaan dari para pengguna. SMS Gateway dapat diartikan sebagai sebuah perangkat lunak tambahan yang digunakan untuk memudahkan pengiriman dan penerimaan teks atau pesan melalui jaringan telepon selular dari sebuah komputer atau jaringan. Dengan kemajuan teknologi SMS Gateway saat ini, menjadikan jarak bukanlah sebagai penghambat dalam melakukan komunikasi. Pemanfaatan teknologi ini sudah banyak digunakan dalam kalangan bisnis di Indonesia. Dengan kecepatan informasi tersebut maka dikembangkanlah sebuah Sistem Informasi Pariwisata Berbasis e-tourism dengan dukungan SMS Gateway menggunakan model RAD(Rapid Application Development ). Sehingga aplikasi dapat digunakan untuk melayani berbagai akses permintaan dari para pengguna serta dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat dan dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang lebih valid, akurat dan cepat.
Kata Kunci : E-Tourism, Pemesanan Paket Wisata , SMS Gateway

Full Text:

PDF

References


. Afrina, M., & Ibrahim, A. (2015). Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri, 852-864.

. APJII. (2019). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Retrieved from https://apjii.or.id/survei2018s

. Arsul, Lumenta, A. S., & Sugiarso, B. A. (2015). E-Tourism Kabupaten Pulau Morotai. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer Universitas Sam Ratulangi, 71-78.

. Internet World Stats. (2019). Top 20 Countries With The Highest Number of Internet Users. Retrieved from https://www.internetworldstats.com/top20.htm

. Machdalena, S., Dewi, A. P., & Soemantri, Y. S. (2018). The Lodge Maribaya Sebagai Salah Satu Pilihan Destinasi Ekowisata Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pariwisata Terapan UGM, 96-107.

. Sriyanto, & Sriyusielani, N. P. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis SMS Gateway Untuk Memperbaiki Informasi Persediaan (Studi Kasus : PT Indotirta Jaya Abadi Semarang). Jurnal Simetris, 143-152.

. Utami, F. H., & Asnawati. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: DePublish.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.5786

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.5786.g3257

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Yogyakarta

Jl. Ring Road Barat, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184, Telp: (0274) 4342536
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License